Cara Mengecek Kampas Rem Mobil

Cara Mengecek Kampas Rem

Jika berbicara mengenai sistem keamanan berkendara khususnya kendaraan roda empat seperti mobil, maka hal penge-rem-an menjadi salah satu faktor penting yang harus di perhatikan bagi para pengendara dimana pun berada. Secara bahasa, Rem pada kendaraan mobil merupakan suatu perangkat untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Dengan gerak roda yang diperlambat, secara otomatis gerak kendaraan menjadi lambat dan akan berhenti. Proses memperlambat kendaraan atau gerak roda ada yang cepat dan lambat di sesuaikan dengan fungsi pemberhentian atau penge-rem-an. Sistem penge-rem-an mobil pada umumnya adalah dengan menjepitkan sebuah perangkat yang berbahan serat lengket yang di sebut kampas rem kepada sebuah piringan yang terbuat dari logam dimana posisi piringan logam tepat berada pada tengah – tengah dan terhubung ke roda atau struktur velg ban, dengan proses tersebut maka perputaran roda akan melambat secara waktu tertentu dan kemudian kendaraan atau mobil akan berhenti. (cara mengecek kampas rem mobil)

Sama hal nya dengan oli, Kampas Rem merupakan bagian/onderdil mobil yang memiliki jangka waktu yang tidak lama pemakaiannya, atau dengan kata lain, memiliki ketahanan yang cepat habis atau menurun kualitasnya. Jika kampas rem sudah habis dan pemilik mobil tidak cepat menggantinya maka akibat yang ditimbulkan adalah kerusakan pada piringan logam atau biasa di sebut dengan disk brake yang mana disk brake akan terkikis menyebabkan permukaaannya tidak rata dan jika sudah banyak terkikis maka proses penge-rem-an tidak akan sempurna meski telah mengganti kampas rem yang baru, yang terburuk adalah jika lalai mengganti kampas rem yang sudah habis maka timbul percikan api akibat pertemuan logam disk brake dengan rumah kampas rem, yang paling parah akan logam disk brake bisa menempel dengan rumah kampas rem dan mobil anda tidak akan bisa berjalan karena hal tersebut.

Berikut cara mudah mengecek kampas rem mobil anda sebagai tanda – tanda jika kampas rem anda sudah habis atau mulai habis seperti yang biasa Alfath Rental lakukan :

1. Muncul suara saat menge-rem.
Suara yang muncul dapat terjadi ketika anda melakukan penge-rem-an akibat dari gesekan logam, Gesekan dengan cakram rem (logam dan logam) menyebabkan suara muncul dan bahkan bisa menimbulkan percikan api.

2. Bergoyang atau tidak stabil saat menge-rem.
Pada saat anda berkendara lalu mobil anda bergoyang atau bergetar saat menge-rem maka itu bisa menjadi tanda kalau kampas rem anda sudah mulai habis, hal tersebut terjadi karena kampas rem yang habis itu memiliki permukaan yang tidak rata sehingga saat mencengkram piringan cakram rem menjadi tidak sempurna dan efeknya menyebabkan getaran pada pedal.

3. Piringan cakram rem terkikis.
Ketika kampas rem sudah mulai habis maka yang menjadi tumpuan untuk menghentikan kendaraan adalah lapisan yang terbuat dari logam, hal itu menyebabkan piringan cakram terkikis akibat gesekan logam dengan logam.

4. Minyak rem menurun.
Jika minyak rem sudah turun maka ada kemungkinan kalau kampas rem anda sudah mulai habis.

5. Injakan pedal rem terasa dalam.
Jika pijakan pedal rem mobil anda sudah semakin dalam dari biasanya, itu bisa menjadi salah satu tanda kalau kampas rem sudah mulai habis yang mana menimbulkan kekosongan perangkat akibat habisnya kampas rem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Menu