Cara Menggunakan Mobil Automatic

Cara Menggunakan Mobil Automatic

Seperti yang telah anda ketahui bahwasanya menurut system persneling nya mobil dibedakan menjadi dua jenis, yakni matic dan manual. Mobil manual adalah jenis mobil yang system persneling nya menggunakan tuas untuk yang berfungsi sebagai pemindah gigi, umumnya mobil manual terdapat 5 jenis gigi yaitu gigi netral, 1, 2, 3, 4, 5, dan gigi reverse atau mundur. Untuk memindahkan gigi dari gigi netral ke gigi 1, pengguna mobil manual harus terlebih dahulu menginjak kopling dan saat yang bersamaan masukan tuas ke gigi 1, apabila pengendara mobil manual tidak menginjak kopling saat mencoba memindahkan tuas ke gigi 1, maka tuas akan terasa macet, maka dari itu anda harus menginjak kopling dulu baru memindahkan tuas ke gigi 1. Sementara pada mobil matic untuk system persnelling nya tidak perlu menggunakan tuas untuk memindahkan dari gigi 1 ke gigi lainnya, karena tingkat pengaturan transmisi tingkat kecepatan sudah otomatis maka cara menggunakan mobil automatic adalah melaju dengan menginjak pedal gas saja. Oleh sebab itu, pada mobil-mobil matic tidak ada pedal kopling. Hanya saja pada mobil-mobil matic tuas persnelling diperuntukkan untuk mengatur P, R , N dan D. Berikut arti dan kegunaan huruf serta angka pada kendaraan bertransmisi otomatis:
1. P atau Parkir, adalah posisi untuk kendaraan parkir, transmisi terkunci pada posisi ini, sehingga kendaraan tidak bisa didorong. Dalam posisi ini juga merupakan awal menghidupkan mesin dan melepaskan kunci kontak.
2. R atau Reverse, adalah posisi untuk memundurkan kendaraan.
3. N atau Netral, adalah posisi gir netral, hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas.
4. D atau Drive, adalah posisi untuk berjalan maju pada kondisi normal.
5. 2/S atau Second, adalah posisi untuk berjalan maju di medan pegunungan. Posisi ini ada di maksimum gigi ke-2 (engine break)
6. 1/L atau Low adalah posisi maju pada gigi ke satu, hanya digunakan pada saat berkendara di medan yang menanjak curam.

Bahkan semua orang lebih mobil matic lebih mudah digunakan, pada saat jalan macet, tanjakan bahkan pada kenyaman. sehingga banyak membuat orang menyukai konsep transmisi otomatis Namun, salah satu yang menjadi kendala adalah harganya yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan tipe mobil transmisi manual dan juga biaya service yang berbeda dan Tidak hanya itu, biaya perawatan untuk komponen yang rusak pun tidak bisa dibilang sedikit beberapa yang harus anda taati saat menggukanakan mobil matic menurut Alfath Rental
1. Service berkala dan sesuai Km dan Tanggal Servicenya
2. Mengganti Oli mesin dan Oli Transmisi
3. Rutin memanasi mobil
4. Pahami perseling yang
5. Jangan langsung ke RPM tinggi
6. Pahami saat berkendara saat di jalan
7. Pindahkan Posisi N pada saat macet atau tanjakan
8. Jangan terlalu cepat berpindah gigi ke R saat mobil masih melaju saat memakirkan mobil
9. Jangan terlalu cepat menyalakan AC pada saat mobil Baru On

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu